Musyawarah Dusun dalam rangka penyusunan RPJMDes Tahun 2020

KALEO.DESA.ID_Dalam Rangka Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah  Desa ( RPJM Desa ) tahun 2021 – 2026, Pemerintah Desa Kaleo Kecamatan Lambu Kabupaten Bima menggelar Musyawarah Dusun ( MUSDUS )  yang dilaksanakan selama 2 hari mulai hari Rabu, dan Jum’at yakni Tanggal 4 dan 6 Maret 2020 dilaksanakan ditempat berbeda serta di bagi menjadi dua tim pelaksanaan nya dimalam hari dan dilaksanakan satu malam 2 tempat yaitu di masing-masing tempat yang di sediakan oleh Kepala Dusun suka maju I dan II, Penyusunan RPJM Desa Kaleo dilaksanakan mengingat Kepala Desa kaleo saat ini baru dilantuk pada awal Tahun 2020 yaitu tepatnya Tanggal 24 Januari 2020.

Musyawarah tersebut dihadiri oleh Kepala Desa, Jajaran Sekretariat Desa, KPMD, Kepala Dusun, Tim Penyusun RPJMDes, Ketua RT dan RW dan perwakilan masyarakat Dusun yaitu Tokoh agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Perempuan Tokoh Pemuda dan juga tidak ketinggalan Kader Posyandu dan Ibu2 PKK Desa.

Pelaksanaan Musdus di gelar pada malam hari yaitu jam 19.30 WIB sampai dengan selesai seperti yang diawali dari Rt. 10,11,12 Dusun I & dan Rt, 9,7,8 Dusun II, dan hari kedua di Rt. 2,3,6 Dusun II & Rt. 1,4,5 Dusun I,  hal ini daikarenakan mengingat kesibukan warga yang tidak memungkinkan dilaksanakan pada Siang hari.

Kegiatan tersebut diawali dengan sambutan kepala Dusun Suka maju II Bapak Amiruddin begitu juga di tempat terpisah Bapak Kepala Dusun Suka Maju I Yaitu Muhammad Nur dalam sambutan masing2 kepala dusun mengingatkan warganya bahwa malam ini untuk mengungkapkan masalah2 yang ada di dusun masing2 serta mengutarakan potensi2 yang ada di dusun masing2 agar ditemukan solusi serta bisa menggali potensi yang ada.

selanjutnya dikuti dengan sambutan kepala Desa Kaleo Bapak Nurul Akbar, SE, beliau mengaharapkan keseriusan warga kedua dusun dalam menyampaikan program usulan nya. setelah itu sebelum acara penggalian gagasan dusun dimulai Bapak Pendamping Desa (alfian, ST) dan Pendampung Lokal Desa Bapak Sahrani, S. Pd memberikan penjelasan terkait tata cara penggalian gagasan di tingkat dusun.

Pelaksanaan Musdus Penyusunan RPJMDes ini bertujuan sebagai media Masyarakat Dusun untuk mengemukakan pendapat dan usulan baik itu rencana kegiatan yang meliputi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Pembangunan Desa, Pembinaan Kemasyarakatan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa yang selanjutnya Pemerintah Desa akan menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa ( MUSRENBANG Desa ) untuk menetapkan  usulan-usulan tersebut  untuk di dimasukkan menjadi kumpulan usulan yang dimuat dalam RPJMDes sebagai pedoman Kepala Desa untuk membangun Desa 6 tahun kedepan. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa) merupakan penjabaran dari “Visi dan Misi” Kepala Desa dan program desa yang penyusunannya berpedoman pada RPJMDes sebelumnya dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJP Daerah) dan memperhatikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJM Nasional) yang pelaksanaannya setelah pelantikan kepala desa.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *