Rapat Pembentukan Panitia Pengisian Keanggotaan BPD Desa Kaleo tahun 2019

Kaleo.desa.id…- Pemerintah Desa (Pemdes) Kaleo Kecamatan Lambu menggelar rapat pembentukan panitia pelaksana pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat periode 2020 – 2026, Jum’at (12/07/2019), sekitar pukul 16:00 Wit di Aula Kantor Kaleo.

Pj Kepala Desa Kaleo JURAIDIN, SE dalam sambutannya, mengatakan bahwa kaitan dengan pelaksanaan pengisian anggota BPD tahun 2019, sudah diberikan himbauan oleh Bupati Bima bersamaan dengan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak untuk tahun 2019.

Dia menjelaskan, bahwa masa jabatan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kaleo akan berakhir pada 19 November 2019. Dalam hal ini pemerintah desa akan melakukan penjaringan kembali untuk pengisian BPD periode tahun 2020-2026.” Dilihat dari masa jabatan, BPD Kaleo akan berakhir pada 19 November 2019,” jelasnya.

Sambutan selanjutnya oleh Bapak Camat Lambu yang diwakili oleh Bapak Drs. Nasrullah selaku kasi Pemerintahan di kantor camat Lambu, beliau memaparkan dalam rangka pembentukan panitia pemilihan anggota BPD, kepanitiaan berjumlah 11 orang, diantaranya 1 orang ketua, 1 orang wakil ketua, 1 satu orang sekertaris dan 8 orang anggota sesuai dengan amanat Peraturan Bupati (Perbub) nomor 17 tahun 2019, yang terdiri dari, unsur perangkat desa, tokoh adat, golongan profesi, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh wanita atau pemuka masyarakat lainnya. “Untuk Desa Kaleo, jumlah pengisian anggota BPD untuk periode 2020 – 2026 berjumlah 09 orang, karena jumlah jiwa/pemilih di desa ini sejumlah 3.000 orang,” jelasnya.

Selanjutnya sesi pembentukan panitia namun sebelum masuk acara pembentukan, sekretaris Desa,ERFIN, S.Sos. memaparkan, dalam pengisian anggota BPD. tugas panitia berdasarkan peraturan bupati, akan diberikan Surat Keputusan (SK) oleh kepala desa setempat.

“Tugas panitia yakni membuat juknis lalu disosialisasikan juknis tersebut di tiap wilayah desa setempat, mengadakan penyaringan baik untuk keterwakilan wilayah ataupun keterwakilan perempuan dan tahap-tahap pengisian BPD sebagai pedoman ada di SK bupati Bima,” tuturnya.

Dirinya berharap, untuk pesta politik BPD dapat berjalan dengan aman dan lancar dan untuk panitia dapat menjalankan amanat dengan sebaik-baik mungkin.” Pengisian BPD ini, dapat berjalan sebaik-baiknya dan tidak akan mengganggu juga proses Pilkades, karena Desa Kaleo sembari pengisian BPD akan dibarengin dengan Pilkades,” harapnya,,,,,

Selanjutnya pembentukan panitia dengan hasil sebagai berikut. :

  • 1.         Ketua                 : Arif Rahman, S. Sos
  • 2.         Wakil Ketua  : Amirudin H. Mansyur
  • 3.         Sekretaris       : Boizal, S. Pd
  • 4.         Anggota            : Ibrahim M. Said
  • 5.         Anggota            : Amirudin Jakariah
  • 6.         Anggota            : Ayubin, S. Pd
  • 7.         Anggota            : Nasrullah
  • 8.         Anggota            : Mahmud Gani
  • 9.         Anggota            : Darsan
  • 10.   Anggota            : Misdar
  • 11.   Anggota            : Anisyah, S. Pd. SD

Setelah itu dilanjutkan dengan penanda tanganan berita acara oleh berbagai unsur yang menjadi saksi pembentukan panitia tersebut, serta penyerahan Dokumen petunjuk tekhnis pelaksanaan oleh penjabat Kepala Desa kepada Ketua Panitia.

3 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *