Musyawarah Desa BPD 2018 tentang Perencanaan Pembangunan Desa 2019

Selasa, 24/7/2018…Dalam rangka Penyusunan Rencana Pembangunan Desa Tahun anggaran 2019, Badan Permusyawaratan Desa ( BPD) Desa Kaleo, menggelar Musyawarah Desa untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa  (RKP Desa Tahun 2019). Musdes tersebut di laksanakan di Aula Kantor Desa Kaleo yang diikuti oleh lebih dari 70 oraang peserta terdiri dari unsur pemerintah kecamatan, Tim pembinaan dan pengawasan pengelolaan Dana Desa Kec. Lambu, unsur BPD, Pemerintah Desa, unsur lembaga kemasyarakatan desa, perwakilan kelompok usaha masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pendidik, perwakilan perempuan, serta perwakilan pemuda.

Musyawarah dipimpin oleh Ketua BPD Kaleo, Bpk. Masyhudin.  Dalam pengantar, pimpinan musyawarah Desa mengajak kepada peserta untuk bisa mengikuti musyawarah dengan sebaik-baiknya. Pimpinan musyawarah juga menyampaikan, bahwa musyawarah Desa yang dilaksanakan dalam rangka Perencanaan Pembangunan Desa untuk penyusunan RKP Desa Tahun 2019, sebagaimana yang tertuangan Dalam Peraturan Bupati Nomor 21 tahun 2015 secara tegas tertuang dalam pasal 30 ayat 2 poin a penyusunan perencanaan pembangunan Desa melalui Musyawarah Desa, serta berpedoman pada Peraturan Menteri Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 2 Tahun 2015 tentang Pedoman Tata Tertib dan Mekanisme Pengambilan Keputusan Musyawarah Desa.

Bapak Camat Lambu  Abdurahman, S. Sos dalam sambutannya menyampaikan peranan dan tugas nya dalam pelaksanaan Dana Desa, beliau juga berterimakasih terhadap pesrta yang hadir serta melaksanakan perencanaan dana Desa dengan sebaik-baiknya, dan menghimbau kepada masyarakat agar jangan menutup mata melihat kesalahan pemerintah Desa dalam pelaksanaan pembangunan Desa melalui dana Desa serta menyarankan kepada lapisan masyarkat Desa kaleo agar sadar dalam melunasi kewajiban membayar atau melunasi pajak Bumi dan Bangunan karna itu merupakan syarat dalam pencairan dana Desa Tahap Ke 3 ( 40 % ),imbunya……..

Selain itu juga beliau menyenggol terkait penanaman bawang merah diharapakan masyarakat melakukan penanaman serenatak serta diawali dengan do,a semoga mendapat keberkahan dari Allah S.WT. dan terhindar dari bala dan bencana, tuturnya……..

Dalam Musyawarah Desa Kali ini dihadiri juga oleh tim satgas singkronisasi perencanaan pembangunan Daerah kec. Lambu menyampaikan beberapa program perioritas pementasan kemiskinan agar bisa di singkronisasikan dengan program perencanaan di Desa. Serta dalam paparannya “Idealnya, Aspirasi dan Keinginan masyarakat akan tersalurkan melalui Musdes karena kegiatan musyawarah Desa ini adalah merupakan kegiatan Rutin dilaksanakan setiap tahun, dan hasil dari musyawarah ini menjadi bahan masukan dalam penyusunan RKPDesa untuk tahun berikutnya, sambung tim satgas tersebut.

“Selanjutnya Ketua BPD membentuk tim perumus perwakilan dari semua Dusun dan unsur terkait. Di sana akan kita bahas mana program yang akan diprioritaskan terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama pemerintah Desa dalam hal ini dibacakan oleh sekretaris Desa Bpk. Erfin, S.Sos pencermatan RPJMDes sebagai dasar BPD merumuskan program-program yang akan di rencanakan untuk di tuangkan dalam berita acara sebagai dasar penyusunan rancangan RKPDes yang akan di verifikasi oleh tim perumus. Dan tim penyusun.

Setelah dilakukan pembahasan terhadap materi, seluruh peserta Musyawarah Desa menyepakati beberapa hal yang berketetapan menjadi kesepakatan akhir dari musyawarah desa dalam rangka penyusunan RKP Desa yaitu, menyepakati hasil Pencermatan RPJMDes dan usulan dari masing-masing masyarakat  dari hasil penjaringan penjaringan di tingkat Dusun  yang akan dijadikan bahan masukan pada Musrenbangdes selanjutnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *