Do,a Tolak Bala & Tanam Bawang Merah ( Bawa Mpana ) Desa Kaleo 2018

Kaleo red………..Tradisi mengadakan acara Do,a tolak bala di lokasi persawahan So Lomba Desa Kaleo Kecamatan Lambu Kabupaten Bima dalam rangka penanaman Bawang Merah musim tanam Tahun 2018 atau lebih dikenal dengan “ bawa mpana” sering dilakukan oleh pemerintah Desa setempat bersama Banisa ketua kelompok tani serta seluruh masyarakat tani yang bertani di so Lomba, So pampa, So Sawo, SoLembo, So temba, dan So Ta,a.

untuk penanaman bawang merah (mbawa mpana ) perdana di Desa Kaleo kecamatan Lambu  rutin dilakukan setiap tahun. Hari dimulai nya penanaman bawang merah atau bawa mpana ditentukan secara musyawarah di kantor desa oleh Pemerintah desa beserta masyarakat tani di Desa Kaleo yang memiliki Lahan di enam So tersebut di atas.

 Adapun hasil musyawarah tersebut jatuh pada Hari Jum’at tanggal 13 Juli 2018 sementara acara do,a tolak bala harus dilakukan sebelum jadwal penanaman, oleh sebab itu acara Do,a tolak bala dilaksanakan pada tanggal 12 Juli 2018.

kamis, 12 Juli 2018 acara Do,a tolak bala dilakukan di So lomba yang dihadiri olah pemerintah Desa kaleo, Desa Monta Baru serta seluruh masyarakata tani kaleo dan Monta Baru, dalam kegiatan tersebut pemerintah Desa Kaleo dalam hal ini diwakili oleh sekretaris desa Kaleo bapak Erfin, S. Sos memberikan sambutan yaitu beliau berpesan agar bekerja sama dengan P3A dalam hal pengaturan pengairan karna pada saat tanam serentak rentan dengan perebutan air untuk penyiraman pada saat tanam, serta selalu bersabar menunggu giliran yang telah ditentukan oleh P3A khusus di SO Lomaba yang kesulitan air Bor.imbunya…….

selanjutnya beliau juga mengajak untuk sama ikhlas mengharapkan ridho ALLAH SWT. Semoga bawang merah atau bawa mpana tahun ini selamat dari hama-hama dan penyakit-penyakit lainnya serta melebihi hasil dari tahun-tahun sebelumnya. Tandasnya…….!!!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *