PEMBENTUKAN TIM PELAKSANA KEGIATAN DESA TAHUN 2018

Peraturan menteri dalam negeri republic Indonesia Nomor 113 tahun 2014 tentang pengelolaan keuangan Desa pasal 3 ayat (3) berbunyi “kepala Desa dalam melaksanakan pengelolaan keuangan Desa, dibantu oleh PTPKD ( Pelaksana teknis pengelolaan keuangan Desa )’ untuk melaksanakan pembangunan Desa, peraturan juga mewajibkan dibentuknya TPK ( Tim Pelaksana Kegiatan ) Desa, dari unsur Aparat Desa Lembaga Desa, Rt.Rw tokoh masyarakat serta BPD sebagai Koordinator pengawas pelaksana kegiatan tersebut.

       Jum’at  23 maret 2018 pemerintah Desa Kaleo mengadakan Rapat Pebentukan Tim Pelaksana Kegiatan ( TPK ) untuk melaksanakan kegiatan dalam APBDes tahun 2018, bertempat di aula kantor Desa Kaleo Pukul 19 : 30, rapat tersebut dihadiri oleh perangkat Desa, BPD,LPMD Toma, Tokoh Pemuda, serta ketua Rt lingkup Desa Kaleo.

An. Kepala Desa Kaleo Erfin, S. Sos selaku sekretaris dalam sambutannya menyampaiakn ucapan terima kasih kepada Masyarakat Desa Kaleo, BPD, karang Taruna, TPK tahun 2017 serta seluruh elemen masyarakat yang berpartisipasi dalam mensukseskan sekaligus mempercepat pembangunan dana Desa Tahun 2017 sehingga Desa Kaleo mendapatkan penyaluran anggaran Desa tahap I tahun 2018.

Pembentukan TPK merupakan amanat undang-undang dan juga sebagai upaya peningkatan partisipasi masyarakat dalam bentuk prakarsa, swadaya dan gotong royong dalam proses pembangunan sarana dan prasarana Desa sehingga diharapkan timbul suatu gerakan masyarakat diDesa Untuk membangun, meningkatkan pemberdayaan, memperluas kesempatan kerja, kemandirian serta kesejahteraan. dibentuknya TPK ini agar pelaksanaan pembangunan lebih efisien, efektif, transparan, pemberdayaan masyarakat, gotong royong dan akuntabel. Pemerintah Desa Kaleo sangat Berhati-hati dalam implementasi Dana Desa tuturnya.

Selain itu juga sekretaris Desa memaparkan dengan jelas tugas dan fungsi TPK sesuai undang-undang serta jabatan dalam pengorganisasian TPK tersebut, sebelum dilaksnakan pembentukan. Beliau juga mengharapkan untuk mengevaluasi segala kekurangan di tahun yang lalu serta mempertahankan hal-hal yang baik dalam pelaksnaan tahun sebelumnya.kaleo…..Red….!!!

3 comments

  1. Di desa kami semenjak ganti kepala desa satu tahun lalu.. ADD dan DD sering dlaksanakan dan di kelola oleh kepala desa sendiri bersama anak dan istrinya.. tampa di bentuk TPK… tapi di papan nama tertulis pelaksana kegiatan ; TPK

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *